Langsung ke konten utama

Apa itu varikokel? Varikokel adalah ketika pembuluh vena membesar di dalam skrotum

Apa itu varikokel? Varikokel adalah ketika pembuluh darah membesar di dalam skrotum Anda (kantong kulit yang memegang testis Anda). Vena ini disebut pleksus pampiniformis. Dari seratus pria, sepuluh hingga lima belas memiliki varikokel. Ini seperti mendapatkan varises di kaki Anda.

Apa Yang Terjadi Biasanya? Sistem reproduksi pria  membuat, menyimpan, dan menggerakkan sperma. Skrotum adalah kantung kulit yang memegang testis (testis). Sperma dan hormon testosteron dibuat di dalam testis. Sperma matang saat bergerak melalui tabung melingkar (epididimis) di belakang setiap testis.

Perjalanan sperma ke prostat dari setiap epididimis menggunakan tabung yang disebut vas deferens. Ketika Anda ejakulasi, cairan mani bercampur dengan sperma di prostat untuk membentuk air mani. Air mani mengalir melalui uretra dan keluar dari ujung penis Anda.

Tali sperma memegang vas deferens dan arteri testis, yang membawa darah ke testis. Ini juga menampung pleksus pampiniformis, sekelompok vena yang mengalirkan darah dari testis. Testis membutuhkan panas tubuh tertentu yang berada di bawah panas tubuh inti kami untuk produksi, kematangan, dan fungsi sperma yang optimal. Panas tubuh dalam skrotum sekitar lima derajat lebih rendah dari perut atau panggul. Yang terakhir ini disebabkan oleh adanya pleksus pampiniformis, yang bertindak sebagai penukar panas yang berlawanan, mendinginkan darah di arteri testis sebelum memasuki testis. Ini membantu menjaga panas tubuh yang dibutuhkan untuk membuat sperma berkualitas baik. Ketika vena-vena ini membesar seperti pada varikokel, terlalu panas pada testis dapat menurunkan produksi dan fungsi sperma yang mengarah pada potensi kesuburan yang lebih rendah.

Apa itu varikokel? Varikokel adalah ketika vena pleksus pampiniformis dalam skrotum membesar. Vena ini seperti varises (bengkak, bengkak, ditemukan di kaki). Varikokel terbentuk selama masa pubertas. Mereka dapat tumbuh lebih besar dan Anda mungkin akan melihatnya lebih lama. Varikokel lebih sering terjadi di sisi kiri skrotum. Ini karena anatomi pria tidak sama di kedua sisi. Varikokel bisa ada di kedua sisi pada saat yang bersamaan, tetapi ini jarang terjadi. Sekitar 10 hingga 15 anak laki-laki dari 100 memiliki varikokel.

Sebagian besar waktu, varikokel tidak menyebabkan masalah dan tidak berbahaya. Varikokel yang lebih jarang dapat menyebabkan rasa sakit, masalah menjadi ayah seorang anak, atau satu testis tumbuh lebih lambat atau menyusut.

Gejala
Kebanyakan pria dengan varikokel  tidak memiliki gejala. Tetapi varikokel menjadi perhatian karena banyak alasan. Beberapa dapat menyebabkan infertilitas (masalah menjadi ayah seorang anak) dan pertumbuhan testis kiri yang lambat selama masa pubertas. Varikokel mungkin menjadi penyebab masalah kesuburan pada sekitar empat dari sepuluh pria yang memiliki masalah menjadi ayah dari anak pertama mereka. Mereka mungkin juga menjadi penyebab masalah kesuburan pada sekitar delapan dari sepuluh pria yang memiliki masalah menjadi ayah setelah anak pertama.

Penyebab
Banyak penyebab varikokel telah ditawarkan. Katup dalam vena mungkin tidak berfungsi dengan baik (atau mungkin hilang). Jika aliran darah lamban, darah dapat menggenang di pembuluh darah. Juga, vena yang lebih besar bergerak dari testis ke jantung terhubung secara berbeda di sisi kiri dan kanan. Jadi dibutuhkan lebih banyak tekanan di sisi kiri untuk menjaga darah mengalir melalui pembuluh darah ke jantung. Jika darah mengalir mundur atau menumpuk di pembuluh darah, itu bisa menyebabkan mereka membengkak. Jarang, kelenjar getah bening bengkak atau massa lain di belakang perut menghalangi aliran darah. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan vena skrotum secara tiba-tiba. Ini seringkali menyakitkan.

Apakah Varikokel Biasa?
Sekitar 15 dari 100 pria memiliki varikokel. Sulit untuk memprediksi yang mana dari 15 ini akan memiliki masalah kesuburan yang disebabkan oleh varikokel mereka. Tetapi sekitar 4 dari 10 pria yang diuji untuk masalah kesuburan memiliki varikokel dan penurunan pergerakan sperma. Tidak ada hubungan dengan cacat lain, ras, tempat lahir, atau kelompok etnis. Meskipun varikokel sering ditemukan pada pria yang diuji infertilitas, 8 dari 10 pria yang memiliki varikokel tidak memiliki masalah kesuburan.

Diagnosa
Varikokel ditemukan melalui pemeriksaan sendiri skrotum atau selama pemeriksaan dokter rutin. Mereka telah digambarkan sebagai "kantong cacing" karena bagaimana mereka terlihat dan terasa.

Ahli urologi sering memeriksa varikokel dengan posisi pasien. Anda mungkin diminta untuk mengambil napas dalam-dalam, menahannya, dan tahan ketika ahli urologi Anda merasakan skrotum di atas testis. Teknik ini dikenal sebagai "manuver Valsava." Ini memungkinkan urolog Anda menemukan pembuluh darah yang membesar.

Ahli urologi Anda dapat memesan tes ultrasonografi skrotum. Ultrasonografi menggunakan gelombang suara untuk membuat gambaran tentang apa yang ada di dalam tubuh Anda. Tanda-tanda varikokel pada USG adalah vena yang lebih lebar dari 3 milimeter dengan darah yang mengalir dengan cara yang salah selama manuver Valsava. Ultrasonografi juga dapat menunjukkan ukuran testis. Ini berguna dalam memutuskan bagaimana memperlakukan remaja. Ultrasonografi tidak diperlukan jika masalah tidak dirasakan selama pemeriksaan fisik.

Pengobatan
Seringkali, varikokel tidak diobati. Perawatan ditawarkan untuk pria yang memiliki:

masalah kesuburan (masalah ayah seorang anak)
rasa sakit
testis kiri tumbuh lebih lambat dari kanan
Abnormal semen analysis
Tidak ada obat untuk mengobati atau mencegah varikokel. Tetapi pembunuh rasa sakit (seperti acetaminophen atau ibuprofen) dapat membantu mengatasi rasa sakit.

Bila diperlukan, pembedahan adalah bentuk utama perawatan. Embolisasi (secara singkat menghalangi vena) adalah pilihan perawatan non-bedah.

Operasi
Ada banyak cara untuk melakukan operasi varikokel. Semua melibatkan penyumbatan aliran darah di vena pleksus pampiniformis.

Operasi
Pembedahan dilakukan dengan anestesi umum. Dua pendekatan bedah yang paling umum digunakan adalah:

Varikokelomi mikroskopik: Dengan teknik ini, dokter bedah membuat sayatan 1 cm di atas skrotum. Dengan menggunakan mikroskop, dokter bedah akan mengikat semua vena kecil dan menyisihkan vas deferens, arteri testis, dan drainase limfatik. Prosedur ini memakan waktu 2 hingga 3 jam untuk menyelesaikan dan pasien dipulangkan ke rumah pada hari yang sama.
Varicocelectomy laparoskopi: Dengan teknik ini, ahli bedah memasukkan tabung tipis di perut dan melakukan ligasi vena. Karena ada lebih sedikit vena untuk diikat di perut, prosedur ini lebih singkat dan membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit untuk menyelesaikan. Pasien dipulangkan ke rumah pada hari yang sama.
Hasil Operasi
Karena ahli bedah telah mulai menggunakan potongan kecil melalui otot untuk operasi terbuka, waktu penyembuhan dan rasa sakit hampir sama dengan operasi mikroskopis dan laparoskopi. Masalah setelah kedua operasi jarang terjadi. Beberapa masalah adalah:

varikokel yang tersisa (kegigihan) atau kembali (kambuh)
pembentukan cairan di sekitar testis (hidrokel)
cedera pada arteri testis
Ada kemungkinan operasi kecil tidak akan memperbaiki masalah. Dalam kasus yang jarang terjadi, cedera pada arteri testis dapat menyebabkan hilangnya testis. Kegigihan atau kekambuhan varikokel terjadi pada kurang dari satu dari sepuluh pasien yang menjalani operasi. Pembedahan mikroskopis memiliki tingkat persistensi terendah atau kemungkinan varikokel kembali.

Sebagian besar waktu, pasien kembali ke aktivitas normal setelah 1 minggu dengan sedikit rasa sakit.

Embolisasi Perkutan
Embolisasi dilakukan oleh Ahli Radiologi Intervensional. Injeksi kontras melalui tabung dengan panduan x-ray digunakan untuk melihat sumber masalahnya. Tujuannya adalah untuk menemukan semua pembuluh darah yang mengarah ke varikokel. Kumparan, sumbat dengan atau tanpa sclerosant, digunakan untuk memblokir aliran darah ke varikokel dan melukai mereka. Ini dilakukan baik dengan anestesi lokal atau dengan sedasi ringan melalui lubang yang sangat kecil di pangkal paha atau leher. Metode ini paling sering berlangsung 45 menit hingga satu jam. Beberapa masalah adalah:

varikokel yang tersisa (kegigihan) atau kembali (kambuh)
koil bergerak dari tempat itu ditempatkan
kemungkinan infeksi di mana tabung ditempatkan
Setelah perawatan
Penyembuhan setelah operasi cepat dan rasa sakit sering ringan. Anda harus menghindari olahraga selama 10 hingga 14 hari. Anda sering dapat kembali bekerja 5 hingga 7 hari setelah operasi. Anda juga akan menindaklanjuti dengan ahli urologi Anda. Untuk operasi yang dilakukan untuk masalah kesuburan, analisis semen dilakukan tiga hingga empat bulan kemudian.

Penyembuhan setelah embolisasi juga relatif singkat dengan hanya nyeri ringan. Anda harus menghindari olahraga selama 7 hingga 10 hari setelah prosedur. Anda sering dapat kembali bekerja satu hingga dua hari kemudian. Tingkat kekambuhan dengan embolisasi setara dengan operasi. Tetapi ada beberapa kasus di mana embolisasi lebih disukai daripada operasi.

Dampak perbaikan varikokel pada kesuburan tidak jelas. Beberapa penelitian menunjukkan kesuburan membaik setelah perbaikan varikokel sementara penelitian lain tidak. Kualitas semen meningkat pada sekitar 6 dari 10 pria infertil setelah perbaikan varikokel. Perawatan ini harus dipikirkan bersama dengan pilihan perawatan kesuburan lainnya.

Pada remaja, di mana alasan utama untuk pembedahan adalah pertumbuhan testis yang lambat, pertumbuhan catch-up mungkin atau mungkin tidak terjadi.

Informasi Lebih Lanjut
Pertanyaan yang Sering Diajukan
Apa yang akan terjadi jika saya memilih untuk tidak dirawat?
Mayoritas pria dengan varikokel tidak akan memiliki masalah. Satu dari lima pria dengan varikokel akan mengalami kesulitan menjadi ayah dari anak-anak. Analisis semen sangat dianjurkan setelah usia 16 tahun untuk menentukan apakah perbaikan varikokel diperlukan. Jika analisis semen normal, disarankan untuk melakukan analisis ulang setiap 2 hingga 3 tahun karena seiring waktu kualitas sperma dapat menurun. Masalah kesuburan mungkin muncul bertahun-tahun kemudian, bahkan jika tidak terlihat sebelumnya.

Putra remaja saya didiagnosis menderita varikokel. Haruskah ini diperbaiki?
Perawatan remaja tergantung pada setiap kasus. Sangat berharga untuk membicarakan pilihan dengan ahli urologi atau ahli urologi anak. Perbaikan varikokel pada remaja mungkin merupakan pilihan yang baik jika ada rasa sakit, jika satu testis jauh lebih kecil dari yang lain, atau remaja memiliki analisis semen abnormal yang dilakukan pada usia 16 tahun. Beberapa memilih perbaikan sehingga mereka tidak perlu khawatir tentang masalah kesuburan di masa depan. Analisis semen dapat dilakukan pada remaja yang lebih tua untuk melihat apakah perbaikan akan membantu.

Saya tidak memiliki gejala, tetapi berharap memiliki anak. Haruskah varikokel saya diperbaiki?
Sebagai aturan, varikokel tanpa gejala tidak diperbaiki. Sebagian besar penyedia layanan kesehatan tidak percaya varikokel ini menyebabkan masalah kesehatan jika tidak diobati. Jika ada kekhawatiran tentang kesuburan, analisis semen dapat dilakukan untuk melihat apakah varikokel merusak kualitas sperma.

Saya merasakan sakit dengan varikokel. Apa yang bisa saya lakukan untuk meringankan rasa sakit?
Mendukung skrotum dengan cawat olahraga atau celana dalam gaya pakaian dapat membantu nyeri varikokel. Berbaring telentang membantu varikokel mengalir, dan seringkali meredakan rasa sakit. Mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit (seperti asetaminofen dan ibuprofen) juga dapat membantu. Anda juga dapat berbicara dengan ahli urologi Anda tentang perbaikan varikokel.

Saya berpikir untuk memperbaiki varikokel untuk alasan kesuburan. Berapa lama saya harus menunggu untuk melihat apakah kualitas semen saya membaik?
Analisis semen sering dilakukan tiga hingga empat bulan setelah prosedur. Kualitas semen sering membaik dalam waktu enam bulan, tetapi mungkin juga membutuhkan waktu satu tahun.

Saya menemukan benjolan di skrotum saya selama pemeriksaan diri. Haruskah saya khawatir?
Abnormalitas pada saluran reproduksi pria dapat terlihat sebagai massa dalam skrotum. Massa bisa jadi tidak perlu dikhawatirkan dan mungkin memiliki sedikit efek pada kesehatan Anda. Atau mereka bisa menjadi tanda penyakit yang mengancam jiwa. Sangat berharga untuk mengetahui apa yang menyebabkan massa Anda. Salah satu jenis massa mungkin kanker testis. Ini akan memprihatinkan dan membutuhkan tindakan cepat. Sangat penting untuk mengunjungi dokter ketika Anda menemukan ada benjolan atau benjolan di testis Anda.

Komentar